Kamis, 27 November 2014

Belajar MYSQL 3 : Menampilkan Data Pada Tabel.

Pada kesempatan pembelajaran SQL bagian 3 ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana menampilkan data yang ada pada tabel yang pada pembelajaranMYSQL Bagian 2 telah kita masukan data-datanya.

Langsung saja buka program MYSQLnya, lalu gunakan database kantor dengan perintah  
use kantor; 

dan berikut ini adalah bentuk umum untuk menampilkan data didalam tabel :

select * from namaTabel;

Jadi kalo ingin menampilkan semua data yang ada didalam tabel pegawai maka perintahnya adalah select * from pegawai. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini :


 
perintah 'select *' digunakan untuk menampilkan semua data dan field yang ada pada tabel, lalu bagaiman jika kita hanya ingin menampilkan data yang berada pada field-field tertentu saja? Tenang caranya cukup mudah, silahkan perhatikan bentuk umumnya dulu ya :

select namaField1, namaField2 from namaTabel;

Jadi misalnya kita hanya ingin menampilkan data yang terdapat pada field nip dan nama, maka perintahnya adalah  

select nip, nama from pegawai; 

untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :



Ok kita sekarang sudah bisa memilih field mana saja yang ingin ditampilkan, sekarang bagaimana jika kita hanya ingin menampilkan baris tertentu saja yang ada pada tabel pegawai? Tenang caranya juga gak susah kok. Misalnya kita ingin menampilkan pegawai yang memiliki nip 12345678 maka perintah yang dimasukan pada SQL adalah :

Select * from pegawai where nip = '12345678';


Jadi hanya data pegawai yang memiliki nip = 12345678 yang akan ditampilkan. Kenapa dari tadi data yang ditampilkan itu-itu saja? Karena saya memang baru memasukan 1 buah data pegawai jadi data yang ditampilkan cuma itu-itu saja :P.

Ok sampai disini kita telah selesai mempelajari tentang bagaimana menampilkan data yang ada didalam tabel, semoga tutorial MYSQL bagian 3 ini tentang bagaimana cara menampilkan data pada MYSQL ini berguna bagi yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar